Senin, 12 September 2011

Tugas MK Perencanaan Strategis SI/TI pert.1 (bahasan film FF-5)

Langkah-langkah yang dilakukan :
1. Menentukan siapa saja SDM yang masuk tim sehingga dapat memberikan peran dalam mendukung tujuan (membentuk tim sesuai spesialisasi yang dibutuhkan). Hal ini menjadi langkah awal yang penting karena akan berkaitan langsung dengan proses, jika SDM yang dipihi tepat maka akan sangat membantu dalam mencapai tujuan.
2. Mempelajari target dengan harapan dapat menentukan strategi terbaik dengan cara menkloning teknologi yang diterapkan oleh pihak kepolisian. Maksudnya adalah untuk mempersiapkan tim dengan baik dengan memahami tujuan yang ingin dicapai.
3. Mengoptimalkan setiap SDM untuk dapat saling memberikan masukan strategi. Karena setiap SDM memiliki latar belakang yang berbeda, sehingga jika dapat diorganisir dengan baik maka akan terbentuk tim yang solid.
4. Mensinergikan setiap masukan dengan objek/tujuan yang telah dipelajari. Dilakukan seperti proses diskusi untuk saling bertukar saran.
5. Berlatih sesuai dengan strategi yang telah disepakati. Dengan melakukan langkah-langkah diatas dengan baik, maka perlu didukung juga dengan persiapan agar segala yang direncanakan dapat didukung oleh SDM yang memadai.
6. Eksekusi strategi. Melakukan setiap langkah yang telah direncanakan, hal ini juga didukung oleh proses komunikasi yang baik antara setiap SDM yang terlibat.
7. Jika plan a gagal maka rencana cadangan akan dieksekusi. Setiap langkah tidak selalu berjalan sesuai rencana, sehingga dibutuhkan rencana cadangan sebagai langkan antisipasi agar tujuan dapar tetap tercapai.

Tidak ada komentar: