Pemodelan Visual dan UML
Ø Ø ØModel
adalah :
· · Abstraksi dari dunia nyata
· · Pengkodean dari sebuah software
Ø
Beda analisis dan design : analisis adalah “How
to work” sedangkan design adalah “How to create”
Ø
9 Diagram UML :
1.
Business Use Cass Diagram
·
Menggambarkan proses bisnis manual dan otomasi
dalam organisasi
·
Interaksi antara business use case dengan actor.
Actor sendiri dibagi dua yaitu internal
(business worker) dan eksternal (business actor)
2.
Use Case Diagram
·
Mencakup fungsionalitas/fitur yang harus ada
dalam system yang akan dibangun
·
Dapat dijadikan tolak ukur dalam melihat sistem
·
Hanya menggambarkan proses yang terkomputerisasi
3.
Activity Diagram
·
Menggambarkan aliran fungsionalitas system (work
flow/system flow)
·
Untuk :
·
Business use case : menggambarkan alur kerja bisnis
·
Use case :
menggambarkan aktivitas yang terjadi dalam use case
4.
Sequence Diagram
·
Flow sebuah use case yang dibuat dalam urutan
waktu
·
Menggambarkan interaksi antar objek, baik di
dalam maupun di sekitar sistem
·
Biasanya digunakan untuk scenario use case
sebagai respon atas sebuah event untuk menghasilkan output tertentu
·
Berisi objek-objek yang saling mengirimi pesan
5.
Collaboration Diagram
·
Menggambarkan interaksi antar objek seperti
sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan
bukan pada waktu penyampaian pesan
6.
Class Diagram
·
Sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan
menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan design
berorientasi objek.
·
Class menggambarkan keadaan (atribut/properti)
suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut
(method/fungsi)
7.
State Chart Diagram
·
Perubahan state yang dinamis dari sebuah objek
·
Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan
(dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada system sebagai akibat dari
stimuli yang diterima
8.
Component Diagram
·
Menggambarkan struktur dan hubungan antar
komponen piranti lunak dan hubungan anta komponen piranti lunak, termasuk
ketergantungan (dependency) di antaranya
·
Komponen piranti lunak itu sendiri adalah modul
berisi code, baik berisi source code maupun binary code, baik library maupun
executable, baik yang muncul pada compile time, link time, maupun run time.
9.
Deployment Diagram
·
Menggambarkan detail bagaimana komponen
di-deploy dalam infrastruktur sistem, dimana komponen terletak (pada mesin,
server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi
tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal
Sumber
http://pendek.in/l8c
Tidak ada komentar:
Posting Komentar